When The Scream Loudest

When The Scream Loudest

Selasa, 31 Maret 2015

Melintasi Petungkriyono Dapatkan Bonus Pemandangan Alam yang Luar Biasa di Kabupaten Pekalongan


Petungkriyono merupakan salah satu kecamatan di Kab. Pekalongan yang terletak di dataran tinggi, Petungkriyono juga menjadi kecamatan tertinggi di Kab. Pekalongan. Hal ini terbukti dari puncak gunung Rogojembangan yang memiliki ketinggian kurang lebih 1600mdpl. Petungkriyono juga berbatasan langsung dengan Kab. Batang, Kab. Banjarnegara, dan Kab. Wonosobo, Petungkriyono terletak pada -7.148886, 109.740188  (Gmaps). Daerah ini merupakan dataran tinggi jadi sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian, namun bukan pertanian yang akan saya ungkapkan di sini. Tetapi lebih kepada hamparan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. kenampakan alam di daerah Petungkriyono ini di dominasi oleh curug, namun hamparan ladang juga menjadi obat pelipur mata yang akan menjadikan pikiran penat kita akan sirna. di daerah petungkriyono ini juga terdapat beberapa puncak yang bisa di daki atau sekedar trekking yakni puncak hanoman gunung kendalisodo dan puncak gunung rogojembangan, beberapa curug yang terkenal di daerah petungkriyono adalah curug muncar dan curug bajing. saat ini daerah petungkryono masih menjadi favorit bagi warga lokal maupun daerah sekitar Kab. Pekalongan untuk berwisata menikmati alam. 
Bila berkunjung ke daerah sini jangan sampai lupa untuk mencicipi kopi owa yang sudah cukup dikenal di daerah Kab. Pekalongan. ada beberapa kedai yang yang menyediakan kopi owa salah satunya adalah kedai kopi dan warung kopi owa. daerah ini juga bisa menjadi jalan alternatif dari pantura menuju daerah Dieng. bagi yang ingin untuk menjelajah petungkriyono bisa berkonsultasi dan dipandu oleh teman-teman dari PPGP Adventure
Medan jalur menuju Dieng via Petungkriyono ini cukup menantang sehingga bagi setiap pengendara yang ingin melintas harap waspada dan hati-hati bila melalui jalur ini. karena jalurnya di isi oleh tikungan cilukba dan naik turun. dan ketika akan memasuki daerah desa simego pengendara akan di suguhi dengan tanjakan terjal seperti berikut ini.
Setelah dari tanjakan terjal di depan foto tersebut pengendara akan menuju jalan rusak yang sudah mirip dengan jalan off road sepanjang kurang lenbih 5 Km. ketika anda sudah melalui jalan rusak tersebut maka anda memasuki daerah banjarnegara tinggal meneruskan perjalanan anda sesuai dengan tujuan anda masing-masing. berikut beberapa "hiburan" di sepanjang rute ini. 






2 komentar:

  1. lebakbarang punya pemandangan yang mirip dengan petungkriyono

    BalasHapus
  2. iya om/tante, mas/mbak....salam kenal...sebenarnya pengen eksplor Lebakbarang juga tapi ngga ada penunjuk jalan...sekiranya kita bisa bareng kapan kemana gitu ditempat indahnya LBB...makasih

    BalasHapus