When The Scream Loudest

When The Scream Loudest

Kamis, 29 Agustus 2013

Kali paingan dulu terbengkalai sekarang bernilai

Kabupaten pekalongan memiliki wilayah dari pantura (jalan deandless) sampai wilayah pegunungan. Kawan, di wilayah kampung halaman saya ini terdapat beberapa potensi objek wisata yang tiga tahun ini mulai dirintis pengembangannya oleh pemda maupun masyarakat setempat. Salah satu dari potensi wisata di kabupaten pekalongan yaitu kali paingan.
Kali paingan itu adalah salah satu sungai di daerah dataran tingginya kabupaten pekalongan, kali ini juga menjadi perbatasan kecamatan yakni kecamatan Kajen dan Paninggaran. Beberapa tahun kemarin kali atau sungai ini hanya untuk tempat mandi-mandi (Padusan) kalau menjelang puasa, tempat pacaraaaaannnnnnn muda mudi maklumlah ya belum mampu bayar hotel hehehe. Buat latihan SAR air maupun rafting. kini kali paingan di tata ulang sehingga banyak pengunjung baik dari domestik pekalongan orang luar daerah maupun yang kebetulan lewat karena objeka wisata kalipaingan ini berada di tepi jalan alternatif dan juga menjadi jalur penyaluran sayur dari banjarngeara menuju pekalongan.
Tapi, sejak tahun 2010 kali paingan mulai dikembangkan untuk wisata keluarga dengan menawarkan pemandangan alam yang cukup luar binasa (luar biasa maksudnya). Mungkin memang Cuma itu-itu saja fasilitas yang ada, seperti gazebo, warmak (warung makan), taman, permainan, dan outbond center. Cuma menurute inyong (saya) kali paingan mempunyai pemandangan yang asri, karena terletak dibalik bukit sehingga kalau sore hari dari jam 14.00-16.00 cukup bagus untuk berfoto dengan shiluwet (mungkin gitu tulisannya) pohon-pohon yang menjulang tinggi dan diterpa mentari sore.
Objek wisata kali paingan ini terletak dibawah objek wisata linggo asri dan persis disebelah jalan alternatif pantura-dieng/banjarnegara yang melewati kajen. Manteman yang punya rencana belah tengah lewat pekalongan atau kajen monggo untuk sudi mampir sekedar mendinginkan mesin dan kaki dengan kesejukan hawa kali paingan kabupaten pekalongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar