When The Scream Loudest

When The Scream Loudest

Rabu, 26 Februari 2014

ROMANTISME NGERENEHAN DAN MISTISNYA NGOBARAN

Ngerenehan & Ngobaran Exploride ini ane lakuin pada tahun 2012 kalau ngga salah pertengahan tahun. Awalnya penasaran atas cerita teman-teman kuliah (jaman kuliah ) banyak yang bilang kalau di Gunungkidul, Yogyakarta itu ada pantai di bawah tebing yah gambaran mungkin dreamland atau pantai pandawa di Pulau Dewata mungkin (padahal belum pernah kesana). Yap ngga lucu juga kalau riding sendirian wat exploride pantai yang indah kan? So, ane ajak boncenger yang tak lain pacar ane sendiri bukan pacar orang. Waktu itu jalan menuju lokasi merupakan jalan desa yang melalui bukit-bukit kapur dan sempit kalau ketemu truk atau mobil yah cuma bisa sabar mpe jalurnye abis gan. kalau ngga salah jarak lokasi dari kota Yogyakarta ambil gampangnya Malioborolah, jaraknya sekitar 70 Km. Ane berhasil nyampe di lokasi setelah mencari selama dua kali perjalanan yang pertama ngga ketemu karena malu bertanya dan kePDan baca petunjuk arah padahal jalan masuk ke Lokasi cuma ada papan kecil yang bertuliskan “pantai ngerenehan” dan “pantai ngobaran”. Nah ngga disangka ngga dikira kalau jalan yang ane ambil (waktu salah jalur) itu tembus ke pantai Parangtritis. Nih foto pemandangan dari atas bukit pantai Parangtritis gan.
Yang jelas trip ini bukan SUMORI DATE, trip ini ane namain EXPLODATE. Gapapa lah kalau ada unsur narsisnya dikit. Cerita waktu trip pertama mencari pantai ngerenehan-ngobaran berakhir di pantai parangtritis yang waktu itu anginnya kuenceng banget. Karena ane ama cewek ane masih penasaran beberapa hari berikutnya ane coba cari lagi tuh pantai gan. jelas tentunya setelah bertanya sana-sini dari teman-teman dan buka-buka gmaps ane dapet gambaran yang cukup jelas tentang posisi pantai ini. Trip kedua explodate ini berakhir finish di pantai ngobaran dan pulangnya ane ngga lewat wonosari lagi ane milih jalur beda lagi yaitu ane lewat jalur imogiri bantul. Imogiri terkenal dengan raja-raja mataram. Karena jarak yang jauh ane gas agak pagian tapi tetep aja nyampe lokasi pantai ngerenehan udah agak sore biar kena semua akhirnya ane g lama-lama di pantai ngerenehan. Cuma ambil beberapa foto pantainya. Ini hasil jepretan “Ratjoen” (iming-iming) suapaya banyak orang tahu kalau di Gunungkidul Yogyakarta banyak pantai yang indah.
Jepretan ane di ngerenehan ada kapalnya itu bukan kapal yang disediain buat wisata tapi itu adalah kapal nelayan. Apalagi di pantai ngerenehan juga terdapat TPI dan penjual ikan segar (pengen beli tapi di kontrakan ngga ada bumbunya, mau makan disitu warung-warung ngg pada buka pas hari kerja seh). Saran aja buat agan-agan yang mau ke pantai ngerenehan ane saranin jangan pas hari kerja ntar disitu warung-warung pada tutup. Biar nyari lokasinya ane bantuin pake koordinat gmaps. Pantai ngerenehan terlatak pada Kec Saptosari kab. gunungkidul, Yogyakarta dengan koordinat Google Earth 8° 7'16.13"S,110°30'51.24"T Di pantai ngerenehan yang berada di sebuah teluk kecil memiliki lingkungan yang cukup bersih dengan ombak yang tidak tingi karena sudah di pecah oleh karang. Tapi, agan semua kudu tetep ati-ati selain karang-karang yang berada disitu tajam banyak juga bulu babi yang beracun itu. Kalau pas lautnya lagi surut banyak spot untuk berfoto ria. Selama ane berada di pantai ngerenehan ane ngerasa suasana pantai yang beda dari pantai-pantai yang pernah ane sambangin. Yah suasana alami yang sangat terasa udara yang segar bukan bau amis pemandangan sejuk dan ditemani sang kekasih sangat romantis. Ngobrol santai sambil foto-foto tentunya menjadi kegiatan selama disana. Keramahan penduduk setempat juga menambah rasa kangen untuk kesana lagi. Walau jauh dan jalur yang ditempuh cukup membuat lelah. Tapi, semua itu terasa hilang bak ditelan genderuwo (lebay) yang ada hanya rasa kagum bersyukur karena bisa mengunjungi tempat seperti ini. Romantisme dengan kekasih juga romantisme dengan alam sungguh menyejukkan otak ane yang waktu itu masih setres ngerjain skripsi. Setelah dari pantai ngerenehan ane langsung cus ke pantai selanjutnya dalam dafatar pencarian explodate ini.
Sesampainya di Pantai Ngobaran ane banyak nemuin hal-hal yang belum pernah ane lihat di Yogyakarta selama ane kuliah disana yaitu adanya pura. Nah ternyata di pantai Ngobaran ada pura umat hindu. Pantai ngobaran juga menyimpan sejarah dan mitos yang berkaitan dengan kerajaan mataram dan jaman kerajaan islam di Indonesia. Pantai ngobaran berasal dari kata Kobar dalam bahasa indonesia yang berarti terbakar, di pantai ngobaran ini konon kisahnya menjadi tempat Moksa Prabu Brawijaya V. Moksa adalah dimana hilangnya jasad seseorang dari dunia ini dan berpindah ke alam lain karena tinggi ilmu dan lelaku yang telah dijalaninya. Kalau moksa yang gagal katanya akan menjadi jenglot karena ilmu hitam yang dianutnya sehingga bumi tidak menerima jasadnya hingga jasadnya menyusut dan jasadnya berubah menjadi seperti monster dengan rambut yang terus tumbuh kuku tangan yang seakan menjadi cakar dan taring yang tumbuh juga. Kok malah jadi bahas mistis gini. Lanjut lagi tentang pantai Ngobarannya gan. pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. gunungkidul dengan koordinat pada Gmpas.com 8° 7'9.95"S, 110°30'18.10"T pantai Ngobaran ini emang g punya pantai berpasir yap karena topografi wilayahnya yang berupa tebing curam yang langsung bertemu dengan air laut, cukup curam sehingga cukup berbahaya karena di pantai ini dibibir tebingnya belum ada pengamannya. Namun ketika kita turun dari tempat patung-patung dewa hindu ini kita bisa menemukan tempat untuk bertapa yang berada di tengah tebing curam. Ketika ane menuruni anak tangga yang emang udah ane sedikit merasakan hawa yang berbeda daripada diatas alias sebelum turunin tebing, ngga Cuma ane yang ngerasa gitu cewek ane juga merasakan hal yang sama. Kalau ane ngerasa ada perasaan sejuk di batin dan ngerasa ada sesuatu yang bikin ane nyaman dan merasa seolah-olah mantap dalam melangkah, namun, sebaliknya cewek ane merasa horor yah perasaan orang kan beda-beda. Selama berada dibawah tebing ane menyaksikan sebuah pemandangan samudra hindia yang begitu indah. Yap berikut ini foto-foto ane selama berada di pantai Ngobaran gan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar