When The Scream Loudest

When The Scream Loudest

Senin, 11 Januari 2010

Transportasi massal solusi kemacetan?

Sekarang ini pertumbuhan kendaraan dan moda transportasi sangatlah cepat sehingga perlu diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Jika pertumbuhan tadi tidak diimbangi dentan pemenuhan sarana dan prasarana. Maka akan timbul berbagai masalah, dan yang paling jelas efeknya adalah masalah kemacetan yang ditimbulkan karena berbagai factor. Banyak factor yang menjadi penyebab timbulnya masalah kemacetan. Seperti keadaan jalan yang sudah tidak memadai, keadaan di sekitar jalan yang tidak teratur, maupun kelebihan muatan yang di terima oleh badan jalan itu sendiri, dan sikap dari masyarakat itu sendiri.
Sekarang ini orang-orang lebih banyak memilih untuk berkendaraan sendiri atau pribadi dengan berbagai alasan pula mereka mengambil keputusan seperti itu. Dengan alasan kenyamanlah, ini lah, itu lah. Dan banyak lagi. Dengan sikap seperti itu, maka dampaknya sudahlah sangat jelas yaitu kendaraan yang ada di jalan akan semakin banyak, kemudian beban yang diterima jalan bertambah. Kepadatan arus lalu lintas juga semakin meningkat. Ketika hal ini terjadi dan aparat dan pihak yang berwenang kurang berperan aktif. Maka timbullah berbagai masalah, salah satu dari masalah tadi adalah masalah kemacetan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan di kota-kota besar. Tidak hanya di kota-kota besar saja, bagi kota maupun kabupaten yang berada di daerah maslah ini juga harus diperhatikan secara lebih. Pertimbangannya adalah dengan melihat peningkatan pengguna jalan yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Bagi pemerintah do kota-kota besar yang sudah padat penduduk seperti jakarta untuk melakukan pembangunan jalan adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Oleh sebab itu, diperlukan kebijakan yang menguntungkan bagi semua pihak dan dapat mengatasi masalah-masalah yang ada terutama kemacetan. Kebijakan yang telah dilakukan adalah dengan pengadaan alat transportasi massal yang dapat mengangkut masyarakat dengan tarif yang terjangkau dan tidak menambah maslah lagi bagi semua pihak. Namun, tampaknya kebijakn dengan oengadaan alat transportasi massal ini masih belum menyelesaikan masalah dengan baik. Malah menurut saya malah menambah masalah yang baru.

2 komentar:

  1. menurut saya dengan memakai kendaraan umum seperti busway atau trans jogja akan menjadikan solusi utama dari kemacetan lalulintas. kemacetan lalulintas memang menjadi fenomena yang sangat memprihatinkan

    BalasHapus
  2. terima kasih atas komentar yang berharga dari anda. buktikan menurut kemampuan anda

    BalasHapus