When The Scream Loudest

When The Scream Loudest

Senin, 20 Juni 2011

Auguste Conte The Founding Father Of Sociology


Auguste Comte (1798-1857) Bapak Sosiologi

Nama lengkap Auguste Comte adalah Insidocire Auguste Marie Francois Xavier. Beliau adalah filsuf dal ilmuan sosial yang terkemuka yang sangat berjasa dalam perkembangan ilmu sosial kemasyarakatan atau sosiologi. Comte lahir di Montpellier di Perancis selatan dari keluarga kelas menengah konservatif. Comte menerima didikan ilmiah terbaik di Ecole Polithecnique di Paris, sebuah pusat pendidikan berhaluan liberal. Comte mencetuskan suatu sistem ilmiah yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan baru, yaitu sosiologi. Pandangan Comte atas sosiologi sangat pragmatis. Ia berpendapat bahwa sesungguhnya analisis untuk membedakan “statika “ dan “dinamika” sosial, serta analisa masyarakat sebagai suatu sistem yang saling tergantung haruskah didasarkan kepada konsensus. Paradigma fungsionalis dan paradigma ilmiah alamiah yang dirumuskan oleh Comte tetap memberi warna menonjol dalam sosiologi saat ini.

Auguste Comte dengan bukunya “Course The Philosophie Positive” menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui ururtan-urutan tertentu yang kemudian akan sampai kepada tahap akhir yaitu tahap ilmiah.

Auguste Comte disebut sebagai Bapak Soiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856). Auguste comte meninggal di Paris, Perancis, 5 September 1857 pada umur 59 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar